Selasa, 30 November 2010

Dosa

Dosa (dari Sanskerta: doṣa) adalah suatu istilah yang terutama digunakan dalam konteks agama untuk menjelaskan tindakan yang melanggar norma atau aturan yang telah ditetapkan Tuhan atau Wahyu Illahi.

Daftar isi

[sembunyikan]

[sunting] Dosa menurut pandangan Islam

Dosa adalah perbuatan buruk yang tidak saja akan berakibat buruk baik terhadap rohani individu pelakunya, namun juga secara nyata terhadap individu itu sendiri maupun terhadap masyarakat. Perbuatan dosa dilarang karena bersifat merusak dan menghancurkan. Menyebabkan pertengkaran antara manusia, mengkasarkan hati, menjauhkan manusia dari Tuhan, merusak alam dan menghancurkan masyarakat.[1]

[sunting] Dosa menurut pandangan Katolik

Dosa menurut teologi Katolik Roma adalah segala sesuatu pikiran ataupun tindakan seorang manusia yang dapat menjauhkan manusia tersebut dari Allah.
Karena manusia tidak akan luput dari tindakan tersebut, dan agar manusia tidak dijauhkan dari Allah, maka diperlukan adanya sakramen pengakuan dosa.

[sunting] Dosa menurut pandangan Protestan

Pikiran, sikap dan perbuatan yang tidak sesuai atau bertentangan dengan kehendak dan perintah Allah adalah DOSA. yang dimaksudkan dengan kehendak dan perintah Allah itu ialah 10 perintah Allah sebagaimana terjabar dalam keluaran 20:1-17.

[sunting] Asal mula

  1. Sebelum dunia dan alam semesta ini diciptakan oleh Allah, yaitu di alam sorgawi, padakala Malaikat Akbar Bintang timur atau Putra Fajar sebagai pengawal Tahta Allah melawan dan memberontak terhadap Allah sehingga dia diusir keluar dari sorga dan dicampakan ke angkasa dan bumi (yehezkiel 28:15-19, yesaya 14:12-15)(lihat lucifer) dan sejak saat itu dia dengan nama baru yaitu iblis atau setan adalah menjadi bapak dari segala dosa.
  2. Sesudah dunia dan alam semesta ini diciptakan oleh Allah, yaitu di taman eden, padakala adam dan hawa sebagai bapak dan ibu umat manusia karena mengikuti bujuk rayu iblis, telah melawan perintah Allah dengan memakan buah pohon terlarang oleh Allah untuk memakannya (kejadian 3:1-6, roma 5:18-19), sehingga oleh karenanya mereka mewariskan kepada semua umat manusia keturunannya apa yang kita kenal dengan dosa warisan itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar