Jumat, 11 Maret 2011

ATR 72

ATR 72 adalah pesawat penumpang regional jarak pendek bermesin twin-turboprop yang dibangun perusahaan pesawat Perancis-Italia ATR. Pesawat ini memiliki kapasitas hingga 78 penumpang dalam konfigurasi kelas tunggal dan dioperasikan oleh dua kru penerbang.

Daftar isi

[sembunyikan]

Pengembangan

Bangkok Airways ATR 72-500 di Bandar Udara Luang Prabang, Laos
ATR 72 dikembangkan dari ATR 42 dalam usaha untuk meningkatkan kapasitas penumpang (dari 48 menjadi 78) dengan memperpanjang lambung pesawat sebesar 4.5 m (14 ft 9 in), meningkatkan bentang sayap, memberikan mesin yang lebih bertenaga, dan meningkatkan kapasitas bahan bakar hingga 10 persen. ATR 72 diluncurkan tahun 1986, dan melaksanakan penerbangan perdananya pada 27 Oktober 1988. Tepat satu tahun setelah itu, pada 27 Oktober 1989, Finnair menjadi maskapai pertama yang menggunakan pesawat tersebut dalam penerbangan.
Sedikitnya 408 ATR 72 telah dikirim ke seluruh dunia dengan jumlah pesanan hingga 28 pesawat lebih.

Desain

Penumpang memasuki pesawat menggunakan pintu belakang (yang sangat jarang digunakan dalam pesawat penumpang) sedangkan pintu depan digunakan untuk memasukkan kargo. Finnair memesan ATR 72 mereka dengan pintu penumpang depan sehingga mereka dapat menggunakan garbarata jet di Bandar Udara Helsinki-Vantaa.
Ganjalan ekor harus dipasang ketika penumpang keluar atau memasuki pesawat dalam kasus jika hidung pesawat terangkat, yang sering terjadi jika kargo dan penumpang keluar dan masuk dengan prosedur yang salah.
Pesawat ATR tidak memiliki Auxiliary Power Unit (APU) seperti umumnya pesawat lain, APU hanya merupakan opsi tambahan dan akan diletakkan di bagian kargo C4. Sebagian besar pesawat dilengkapi dengan rem baling-baling (biasanya disebut sebagai "Hotel Mode") yang menghentikan baling-baling pada mesin #2 (kanan), memungkinkan mesin untuk menyala dan menyediakan udara dan tenaga untuk pesawat tanpa memutar baling-baling. Rem baling-baling tersebut merupakan penggunaan yang tidak penting, dan banyak maskapai melepas rem tersebut, dan akhirnya perusahaan menghilangkannya dari pesawat sepenuhnya. Hal ini menghilangkan kebutuhan berat tambahan dan pengeluaran untuk perawatan APU dan rem baling-baling.

Varian

Arkia ATR 72-500 parkir di Bandar Udara Eilat, Israel

ATR 72-100

Dua sub-tipe dipasarkan sebagai seri 100 (-100)
ATR 72-101
Varian roduksi awal ditenagai dua mesin PW124B dan disertifikasi pada September 1989.
ATR 72-102
Varian yang ditenagai PW124B disertifikasi pada Desember 1989

ATR 72-200

Dua sub-tipe dipasarkan sebagai seri 200 (-200) versi -200 adalah versi produksi awal, ditenagai dengan mesin Pratt & Whitney Canada PW124B dengan tenaga 2400.
ATR 72-201
Varian -101 dengan MTOW lebih besar, varian dengan mesin PW124B disertifikasi pada September 1989
ATR 72-202
Varian -102 dengan MTOW lebih besar, varian dengan mesin PW124B disertifikasi pada Desember 1989

ATR 72-210

Dua sub-tipe dipasarkan sebagai seri 210 (-210), versi -211, (dan yang dengan pintu kargo lebih besar, disebut versi -212), adalah versi -200 dengan mesin PW127 yang menghasilkan tenaga 2750 dk yang masing-masing dikembangkan untuk kondisi panas dan ketinggian lebih. Dibedakan berdasarkan jenis pintu utama dan pintu darurat.
ATR 72-211
Ditenagai PW127 disertifikasi pada Desember 1992
ATR 72-212
Ditenagai PW127 disertifikasi pada Desember 1992

ATR 72-500

ATR 72-212A
dipasarkan sebagai seri -500 dan disertifikasi pada Januari 1997 dengan mesin masing-masing PW127F atau PW127M dimana versi -212A adalah versi pengembangan dari versi -210 dengan baling-baling enam bilah pada mesin identik PW127F. Pengembangan lain adalah penambahan kemampuan angkut beban dan performa lebih, dan juga sistem automasi lebih besar untuk memudahkan kerja pilot.

ATR 72-600

Pada hari kamis 2 Oktober 2007, CEO ATR Stéphane Mayer, mengumumkan seri pesawat terbaru -600 pada konferensi pers yang diadakan di Washington, D.C..
ATR 42-600 dan ATR 72-600 baru akan dilengkapi dengan teknologi terbaru yang dibangun dengan pengalaman berharga yang didapat dari pesawat sebelumnya, dengan memiliki efisiensi yang lebih tinggi, kehandalan yang baik, konsumsi bahan bakar dan biaya operasi rendah. Pesawat ini akan dilengkapi dengan mesin standard PW127M (mesin baru menyediakan peningkatan 5% tenaga termodinamikasaat lepas landas, performa yang lebih baik pada landasan pendek, dalam kondisi cuaca panas dan ketinggian. Dilengkapi dengan “fungsi boost” yang digunakan untuk menambah tenaga, hanya digunakan saat lepas landas.), Dek penerbangan dengan kokpit digital dilengkapi dengan lima layar LCD yang akan menggantikan EFIS (Electronic Flight Instrument System) yang dipakai saat ini. Sebagai tambahan, sebuah Multi-Purpose Computer (MPC) akan meningkatkan kemanana penerbangan dan kemampuan operasional. Sistem avionik baru, yang disediakan oleh Thales, akan memyediakan kapabilitas CAT III dan RNP. Pesawat ini juga dilengkapi sistem pencahayaan baru dan kursi yang lebih nyaman dan ruang barang di atas kepala yang lebih besar. Pesawat seri -600 akan secara bertahap diperkenalkan pada paruh kedua tahun 2010.
Menggunakan registrasi tes sementara F-WWEY prototip ATR 72-600 terbang perdana pada 24 Juli 2009; Pesawat ini dikonversi dari sebuah ATR 72-500.

 Versi lain

Varian kargo 
Bulk Freighter (Versi tabung) dan ULD Freighter (Pintu kargo besar). ATR meluncurkan modifikasi pintu kargo besar untuk semua ATR 72 di Farnborough 2002, ditambah dengan kelengkapan khusus kargo. FedEx, DHL, dan UPS semua mengoperasikan jenis ini.
ATR 72 ASW 
ATR 72 ASW mengintegrasikan sistem misi ATR 42 MP (Maritime Patrol) dengan peralatan yang sama namun dengan tambahan kemampuan ASW. Varian anti kapal selam (ASW) dari versi -500 juga sedang diproduksi dan dipilih oleh angkatan laut Turki dan Italia untuk tugas ASW dan anti kapal permukaan ASuW. Sepuluh pesawat akan dikirim ke Angkatan Laut Turki dimulai tahun 2010. Pesanan empat pesawat dari Italia akan mulai dikirim tahun 2012. Untuk misi ASW dan ASuW, pesawat akan disenjatai dengan senjata mesin terpasang, torpedo udara ringan, dan ranjau laut dalam. Mereka juga akan dilengkapi dengan AMASCOS (Airborne Maritime Situation and Control System) sistem patroli maritim buatan Thales, dan juga peralatan perang elektronik dan mata-mata, dan juga akan digunakan untuk operasi SAR maritim.
Versi Korporat 
Versi VIP dari seri -500 tersedia dengan interior mewahuntuk perjalanan eksekutif maupun korporat.
ATR Quick Change 

Operator

ATR 72 Air Dolomiti.
Pada 25 November 2009:

Urutan waktu Perang Dunia II (1941)

Mei 1941

Penerjun Jerman mendarat di Kreta
1: Pasukan Britania di Irak diserang oleh pejuang Irak.
1: Pengeboman tujuh malam di Liverpool dimulai, menyebabkan kerusakan yang meluas.
3: Belfast, Irlandia Utara, mengalami pengeboman besar lainnya.
3: Angkatan Italia dan Britania bertempur di Ethiopia.
8: Konvoi kapal yang tenggelam di Atlantik berlanjut; tetapi, sebuah U-Boat (U-110) ditangkap oleh angkatan laut Britania dan mesin "Enigma" lainnya telah ditemukan dan disimpan. Ini akan membantu kemenangan dalam pertempuran Atlantik.
9: Britania Raya mengambil alih Irak dan diperkenalkan dengan tibanya Divisi India ke-21 di Basra.
9: Sebuah perjanjian damai Jepang ditandatangani di Tokyo dan mengakhiri Perang Perancis-Thailand.
10: Rudolf Hess ditangkap di Skotlandia setelah menjatuhkan pesawatnya; misi rancangan sendiri untuk membuat perdamaian dengan Britania Raya.
10: Balai Umum Britania Raya dirusak oleh Luftwaffe dalam sebuah serangan udara. Target lainnya adalah Hull, Liverpool, Belfast, dan wilayah perakitan kapal di Sungai Clyde di Skotlandia. Ini dekat dengan akhir Blitz, karena Jerman memindahkan fokusnya ke Rusia dan Timur.
12: RAF mengebom sejumlah kota Jerman, termasuk Hamburg, Emden, dan Berlin.
15: Kamp Layanan Umum Sipil pertama dibuka untuk penentang wajib militer di Amerika Serikat.
16: Rommel mematahkan serangan balasan, "Brevity", di Celah Halfaya. Kedua sisi berbagi pendudukan Benteng Capuzzo dan Celah Halfaya.
20: Penerjun Jerman mendarat di Kreta; pertempuran Kreta berjalan selama tujuh hari.
21: Kapal "Robin Moor" AS ditenggelamkan sebuah U-Boat. Insiden ini menggemparkan negara itu, dan Presiden Roosevelt segera mengumumkan "keadaan darurat nasional tak terbatas."
21: Sisa pasukan Italia di Ethiopia menyerah.
24: Kapal perang jelajah HMS Hood Britania ditenggelamkan oleh salvo sempurna dari kapal perang Jerman Bismarck di Atlantik Utara.
24: Pemerintah Yunani meninggalkan Kreta ke Kairo.
26: Di Atlantik Utara, pesawat Fairey Swordfish dari kapal induk HMS Ark Royal melumpuhkan Bismarck dalam serangan torpedo.
27: Kapal perang Jerman Bismarck tenggelam di Atlantik Utara, setelah usaha mengelak, dan rusaknya sistem pengemudi yang menjadikan kapal itu melakukan berbagai pergerakan memutar.
28: Pasukan Britania dan Commonwealth mulai mengevakuasi Kreta.
28: Tanggal ini, jelas bahwa operasi "Brevity" gagal.
31: Pengeboman Luftwaffe terhadap Irlandia "netral"; beberapa kematian sipil.

USS Arizona terbakar selama dua hari setelah dibom Jepang. Bagian-bagian kapal diselamatkan, tetapi bangkainya masih terdapat di bawah Pearl Harbor hingga hari ini dan menjadi peringatan besar.
1: Malta "merayakan" pengeboman ke-1000.
2: Perdana Menteri Tojo menolak "ajakan damai" dari AS.
3: Wajib militer di Britania Raya sekarang meliputi lelaki antara 18 dan 50 tahun. Wanita tidak akan dipilih sejak mereka melayani pemadam kebakaran dan grup bantuan.
4: Pasukan darat dan laut Jepang terus bergerak ke Pearl Harbor dan Asia Tenggara.
5: Jerman memundurkan serangan ke Moskow, sekarang 11 mil jauhnya; Rusia balas menyerang selama badai salju.
5: Britania Raya mengumumkan perang terhadap Finlandia, Hungaria dan Rumania.
7: Jepang melancarkan serangan udara terhadap Pearl harbor, Guam dan Pulau Wake; mereka menyerang Siam (Thailand) dan Malaya; Jepang mengumumkan perang melawan Amerika Serikat dan Britania Raya. Serangan udara juga terjadi di Hong Kong, Singapura, Filipina, dan Shanghai. Kanada menyatakan perang melawan Jepang (Perdana Menteri King menyatakannya pada malam tanggal 7, parlemen Kanada membenarkan deklarasi tersebut pada pagi berikutnya.)
7: "Dekrit Malam dan Kabut" Jerman yang berarti pembersihan anti-Nazi di Eropa Barat.
8: Jepang menyerang Malaya; Amerika Serikat dan Britania Raya menyatakan perang terhadap Jepang; Belanda menyatakan perang terhadap Jepang.
8: Pasukan Jepang menduduki Kepulauan Gilbert (termasuk Tarawa). Pangkalan Clark di Filipina dibom, dan banyak pesawat Amerika yang hancur.
9: Cina secara resmi menyatakan perang terhadap Jepang.
10: Kapal perang HMS Repulse dan HMS Prince of Wales Britania ditenggelamkan oleh serangan udara Jepang.
11: Jerman dan Italia menumumkan perang terhadap Amerika Serikat. Pasukan AS menggagalkan pendaratan Jepang di Pulau Wake.
11: Jepang menyerang Burma.
12: Pendaratan Jepang di Kepulauan Filipina Selatan - Samar, Jolo, Mindanao.
12: Amerika Serikat dan Britania Raya mengumumkan perang terhadap Rumania dan Bulgaria setelah mereka menyatakan hal yang sama terhadap Amerika Serikat dan Britania Raya; India mengumumkan perang terhadap Jepang, Amerika Serikat menghadang kapal Perancis Normandie.
13: Hungaria mengumumkan perang terhadap Amerika Serikat dan Britania Raya, Amerika Serikat dan Britania Raya mengumumkan hal yang sama terhadap Hungaria.
13: Jepang dibawah Jenderal Yamashita melanjutkan penyerangannya ke Malaya. Dibawah Jenderal Homma pasukan Jepang ditetapkan di utara Filipina. Hong Kong terancam.
14: Kapal jelajah Britania HMS Galatea ditenggelamkan U-557 di lepas pantai Alexandria, memulai sejumlah penyerangan laut kepada Sekutu.
15: "Torpedo manusia" Italia menenggelamkan dua kapal perang Britania, HMS Queen Elizabeth dan HMS Valiant di pelabuhan Alexandria.
15: Tentara Sekutu memundurkan Rommel hingga jalur Gazala.
16: Rommel memerintahkan penarikan tentara hingga El Agheila, dimana ia telah mulai sejak Maret. Ia menunggu bantuan tentara dan tank.
16: Jepang menyerang Borneo.
16: Pertahanan Jerman di sekitar Moskow berada dalam halangan penuh.
17: Pertempuran Sevastopol dimulai.
18: Tentar Jepang mendarat di Pulau Hong Kong.
19: Hitler menjadi Panglima Tertinggi Angkatan Jerman.
20: Pertempuran Pulau Wake berlanjut dengan beberapa kapal Jepang tenggelam atau rusak.
20: "Pertemuan Arcadia": Churchill menjadi tamu di Gedung Putih. Strategi untuk pertempuran dalam Perang disetujui.
21: Kematian karena pengepungan Leningrad berlanjut; ribuan orang tewas karena kelaparan dan berbagai penyakit. Diperkirakan 3.000 orang sekarat setiap hari.
22: Jepang mendarat di Teluk Lingayan, di bagian utara Luzon di Filipina.
23: Usaha pendaratan kedua Jepang di Pulau Wake berhasil, dan Amerika menyerah setelah berjam-jam bertempur.
23: Jenderal MacArthur mengumumkan Manila sebagai "Kota Terbuka."
23: Pasukan Jepang mendarat di Sarawak (Borneo).
23: Pasukan Amerika mundur hingga Semenanjung Bataan.
24: Jepang mengebom Rangoon.
25: Pada Hari Natal, Hong Kong menyerah.
25: Sekutu menduduki kembali Benghazi.
25: Pasukan amfibi Rusia mendarat di Kerch, Krimea; pendudukan mereka hanya bertahan hingga April.
27: Komando Britania menyerang pelabuhan Vaagso di Norwegia, menyebabkan Hitler mendirikan kembali pertahanannya.
28: Penerjun payung Jepang mendarat di Sumatera.
30: "Kapal Kebebasan" pertama, SS Patrick Henry diluncurkan. Kapal Kebebasan akan menjadi sistem penyediaan terbesar bagi Sekutu.